TIPS MUDAH CARA STEK TANAMAN BUNGA MAWAR



Bunga mawar (Rosa hybrid L.) merupakan salah satu bunga yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki keindahan warna warni yang cantik dan juga baunya yang khas. Selain hal tersebut bunga mawar merupakan bunga spesial untuk melambangkan simbol kasih sayang. Pemanfaatan lain adalah untuk rangkaian bunga ucapan selamat, pernikahan, duka cita bahkan mahkota bunga mawar juga dimanfaatkan untuk minyak atsiri dengan harga yang fantastis. Menanam bunga mawar terdapat dua cara, yaitu dengan menanam biji dan melalui stek batang. Menanam bunga mawar dengan biji memiliki waktu pertumbuhan biji mawar yang lama, sehingga rata-rata pembibitan bunga mawar dengan menggunakan stek batang tanaman bunga mawar. Stek bunga mawar harus dilakukan dengan hati-hati dan membutuhkan teknik tertentu oleh karena itu tips mudah cara stek tanaman bunga mawar harus diketahui agar berhasil dalam melakukannya.


Perbanyakan mawar dengan cara stek dipandang lebih efisien karena membutuhkan waktu yang lebih singkat dan mudah didapatkan bahan stek dibandingkan dengan mengumpulkan biji mawar. Sebagai prinsip dasar stek tanaman merupakan usaha untuk menghasilkan bibit dengan cara melakukan pemotongan pada salah satu bagian tanaman induk seperti batang, pucuk, cabang atau akar. Bagian yang dipotong tersebut kemudian ditanam di media tanam supaya tumbuh akar dan menghasilkan tanaman baru. Selain itu meskipun terlihat mudah, diperlukan tata kerja yang urut sesuai dengan tips mudah cara stek tanaman bunga mawar yang baik dan benar.

Penjelasan tips mudah cara stek tanaman bunga mawar secara rinci adalah sebagai berikut.

SIAPKAN MEDIA TANAM UNTUK PEMBIBITAN MAWAR

Langkah awal dalam melakukan stek tanaman bunga mawar adalah menyiapkan media tanam untuk cabang atau batang stek yang akan dipotong. Media tanam berupa campuran tanah dan pasir, selain itu media tanam dapat berupa tanah hitam yang gembur atau bisa juga menggunakan sekam (kulit padi) yang dijampur dengan tanah dan pasir yang dimasukkan ke dalam pot atau polybag. Tempat media tanam tersebut sebaiknya pada bagian bawahnya diberikan lubang untuk menghindari jumlah air yang berlebihan yang dapat menyebabkan mati karena pada pembusukan akar.



PILIH BATANG ATAU CABANG TERBAIK DARI TANAMAN INDUK

Memilih batang atau cabang terbaik dari tanaman mawar termasuk memilih jenis bunga mawar yang kita inginkan merupakan hal yang mutlak untuk diperhitungkan dalam pembibitan tanaman bunga mawar. Setelah media tanam siap, stek tanaman mawar adalah memilih batang atau cabang yang bagus dari induk tanaman. Ciri-ciri batang atau cabang tanaman bunga mawar yang bagus untuk stek adalah tanaman sehat, umur batang tanaman bunga mawar yang sudah tua, namun ada juga yang mengatakan tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda (pertengahan). Pilihlah batang yang dekat dengan akar atau minimal durinya sudah lebih besar daripada duri pada bagian batang lain.

MEMOTONG BATANG ATAU CABANG UNTUK STEK TANAMAN MAWAR

Batang atau cabang mawar terbaik yang telah dipilih, selanjutnya adalah memotongnya secara miring dan runcing dengan pisau yang steril dan tajam sekitar 7-10 cm atau kira-kira satu jengkal. Kemudian tancapkan batang atau cabang mawar itu ke media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.



PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BIBIT STEK TANAMAN BUNGA MAWAR

Pemeliharaan dan perawatan bibit stek bunga mawar sangat penting untuk menunjang pertumbuhan. Pemeliharaan dan perawatan adalah dengan menyiramnya 2 kali sehari yang disesuaikan dengan kadar air di dalam media tanam tersebut. Lakukan penyiangan pada gulma secara mekanis dengan mencabut agar stek tanaman bunga mawar cepat tumbuh tinggi dan rimbun karena keberadaan gulma menjadi pesaing bagi tanaman dalam mencari makan. Stek tanaman bunga mawar tersebut sebaiknya di tempatkan di tempat yang teduh dan usahakan pada pagi hari terkena sinar matahari langsung. Jika bibit stek tanaman bunga mawar tumbuh akar dan daun yang baru bisa dipindahkan untuk ditanam di kebun. 

Penjelasan tips mudah cara stek tanaman bunga mawar yang telah dijelaskan secara rinci tersebut semoga dapat menambah wawasan pembaca. Terima kasih sudah mampir di blog kami.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment