TIPS MEMILIH HEWAN QURBAN UNTUK IDUL ADHA



Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar bagi umat Islam. Dalam hari Raya Idul Adha dilakukan juga qurban oleh umat Islam. Perlu digaris bawahi bahwa qurban tidak sah kecuali dengan hewan ternak yaitu unta, sapi, kambing atau domba termasuk dengan syarat-syaratnya yang harus dipenuhi. Dalam Perkembangannya di lapangan sering dijumpai hewan qurban yang tidak sesuai dengan syarat namun tetap diperjual belikan oleh oknum pedagang atau yang terjadi sebaliknya, ketidak tahuan dari yang memiliki kehendak untuk berqurban tentang kemampuan dan tips memilih hewan qurban untuk Idul Adha.

Kondisi fisik hewan qurban yang tidak memenuhi syarat juga dipengaruhi oleh keadaan ternak tersebut ketika di lapak, misalnya kondisi ternak yang sakit karena terjadi stres selama transportasi ternak, kondisi cuaca yang tidak baik, bahkan keadaan lapak yang tidak nyaman untuk ditinggali hewan qurban. Meskipun banyak kondisi yang demikian, memilih hewan qurban sebenarnya tidak terlalu susah jika kita mengetahui tips memilih hewan qurban untuk Idul Adha.

Beberapa ketentuan tips memilih hewan qurban untuk Idul Adha adalah berikut:
  • Hewan Qurban sebaiknya (lebih diutamakan) memiliki jenis kelamin jantan dan memiliki fisik yang gagah, gemuk dan tidak kurus, kaki lurus kuat simetris, tidak pincang, ukuran tubuh seimbang, tidak buta, tidak cacat, organ tubuh utuh tanpa kurang satu pun.
  • Hewan Qurban  memiliki usia dewasa, untuk kambing dan domba adalah 18 -24 bulan, sedangkan sapi dan kerbau di atas 24 bulan. Cara mudah mengetahui usia hewan Qurban yang telah layak dari segi umur adalah melalui rekording (pencatatan) ternak yang dimiliki oleh peternak. Jika kita membeli tanpa rekording, dapat melakukan dengan melihat gigi seri hewan. Caranya adalah biarkan hewan dalam keadaan tenang dan tidak panik. Setelah itu pegang kepala dan buka mulutnya. Pastikan saat membuka mulut hewan tidak dalam keadaan mengunyah kembali makanan. Jika gigi seri hewan tersebut telah tanggal sepasang (dua gigi seri yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar di atas 1 tahun, sedangkan sapi sekitar 24 bulan.
  • Hewan Qurban dalam keadaan yang sehat ditandai dengan gerakan aktif, lincah, bulunya bersih dan mengkilat, nafas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, kuping hidungnya basah (bukan karena flu), lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda, Kelopak mata yang berwarna pucat atau kuning tidak disarankan karena hewan yang sehat memiliki kelopak mata bagian dalam dengan warna pink.
  • Sebagai tambahan yaitu usahakan beli langsung di petani atau lapak yang tidak terlalu ramai dan pedagang yang melakukan perawatan hewan saat di lapak. Hal tersebut penting karena saat di lapak kondisi hewan juga dapat dalam keadaan stres akibat transportasi, keramaian, dan adaptasi terhadap lingkungan yang baru.  



Demikianlah ketentuan tips memilih hewan qurban untuk Idul Adha, semoga memberikan manfaat bagi pembaca. Dengan mengetahui beberapa tips memilih hewan qurban untuk Idul Adha semoga dapat menyempurnakan amalan ibadah qurban bagi yang melaksanakan. Amin.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment