CARA MENDAPATKAN KAWIN SUNTIK (IB) SAPI GRATIS PROGRAM UPSUS SIWAB DARI PEMERINTAH



Kawin suntik (IB) pada sapi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keturunan pada ternak sapi. Petani di desa yang memelihara sapi induk sudah sering melakukan ini. Biaya kawin suntik di desa sangat bervariasi, tergantung pada jenis straw semen cair bangsa sapi. Jika bangsa sapi yang memiliki potensi bobot badan besar, tentunya harganya relatif lebih tinggi dari jenis sapi lokal. Faktor tersebut merupakan salah satu sebab mahalnya harga bibit sapi bahkan mengalami kekurangan pedet hingga menyebabkan impor. Keadaan impor sapi yang demikian membuat pemerintah memacu pertumbuhan populasi sapi melalui kegiatan pembibitan yaitu program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB)  yang merupakan program Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diatur dengan dasar hukum Permentan No 48 tahun 2016. UPSUS SIWAB merupakan suatu kegiatan yang terintegrasi dalam rangka percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau secara masif dan serentak, dengan menggratiskan kepada peternak yang memiliki sapi betina produktif yang dimulai dari pemeriksaan status reproduksi dan gangguan reproduksi sekaligus pengobatannya, pelayanan inseminasi buatan (IB) dan kawin alam, pemenuhan semen beku dan nitrogen cair, pemeriksaan (deteksi) kebuntingan dan pemenuhan hijauan pakan ternak dan konsentrat bagi ternak yang mengalami gangguan reproduksi. Informasi tersebut merupakan hal yang menguntungkan bagi peternak rakyat karena itu cara mendapatkan kawin suntik (IB) sapi gratis Program UPSUS SIWAB dari Pemerintah harus diketahui.



Program UPSUS SIWAB diharapkan akan terjadi percepatan peningkatan populasi ternak ruminansia besar baik sapi potong, sapi perah maupun kerbau. UPSUS SIWAB merupakan wujud komitmen pemerintah Indonesia dalam mewujudkan kemandirian pangan asal ternak dan meningkatkan kesejahteraan peternak sekaligus mengejar swasembada sapi tahun 2026 seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo. Pada tahun 2017, kita targetkan kebuntingan ternak sapi dan kerbau mencapai 3 (tiga) juta ekor. Jumlah tersebut tentunya sangat besar dan membuka peluang bagi peternak sapi induk untuk mendapatkan gratis kawin suntuk pada sapi betinanya. Cara mendapatkan kawin suntik (IB) sapi gratis Program UPSUS SIWAB tidaklah rumit dan ribet sehingga menjadi kesempatan yang baik untuk peternak.
Penjelasan cara mendapatkan kawin suntik (IB) sapi gratis Program UPSUS SIWAB dari Pemerintah adalah sebagai berikut:


  • Memiliki ternak Sapi Induk yaitu ternak sapi betina bukan bibit yang memiliki organ reproduksi normal dan sehat untuk pengembangbiakan.
  • Menghubungi petugas IB atau petugas peternakan di wilayah setempat untuk dilakukan rekording.
  • UPSUS SIWAB dilakukan melalui Kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) pada pemeliharaan ternak sapi betina intensif atau semi intensif dan kawin alam (pemeliharaan ekstensif) dengan menerapkan sistem manajemen reproduksi. 
  • Sebelum dilakukan IB ternak dilakukan pemeriksaan status reproduksi dan gangguan reproduksi (gangrep) yang terjadwal, serentak dan terintegrasi dan difasilitasi oleh pemerintah daerah setempat.
  • Pemeriksaan status reproduksi dilakukan dengan palpasi rectal atau USG dan dilakukan oleh Petugas PKB, ATR atau Medik Reproduksi (Dokter Hewan). Ternak yang tidak bunting dengan status reproduksi normal ditetapkan sebagai akseptor IB, sedangkan yang tidak bunting mengalami gangguan reproduksi ditetapkan sebagai target gangguan reproduksi. 
  • Hasil pemeriksaan in kemudian direkomendasikan kepada Medik Reproduksi sebagai dasar Surat Keterangan Status Reproduksi (SKSR). Target gangguan reproduksi yang bisa disembuhkan (fausta) direkomendasikan sebagai akseptor.
  • Pemeriksaan kebuntingan hasil IB/kawin alam dilakukan paling cepat 2 bulan. Apabila terjadi kebuntingan, segera dilakukan rekording, dan direkomendasikan untuk dipelihara dan ditingkatkan kesehatanya untuk menjamin kebuntingan sampai melahirkan. Apabila sapi tidak bunting dilakukan pemeriksaan lanjutan.
  • Untuk memenuhi kebutuhan Upsus Siwab dikakukan penguatan pakan ternak dengan melakukan penyediaan benih/bibit hijauan pakan ternak, penyediaan lahan, penyesuaian jenis hijauan sesuai lokasi dan memastikan air selalu tersedia. Untuk pakan konsentrat dilakukan pada daerah yang memiliki kasus gangguan reproduksi yang tinggi.
  • Sapi yang telah bunting tidak boleh dijual oleh peternak dalam keadaan bunting. Sapi boleh dijual oleh peternak jika sudah melahirkan pedet yang merupakan milik peternak juga meskipun mendapatkan kawin suntik gratis dari pemerintah.



Demikian penjelasan cara mendapatkan kawin suntik (IB) sapi gratis Program UPSUS SIWAB dari Pemerintah. Cukup mudah bukan? Jika pembaca memiliki sapi betina tidak ada salahnya untuk mengikuti program tersebut. Selain mendapatkan fasilitas kawin gratis yang menghasilkan pedet untuk Peternak, sekaligus tidak ada salahnya juga untuk berpartisipasi mensukseskan program swasembada sapi oleh Pemerintah Indonesia.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment