PELUANG BISNIS KELAPA PANDAN WANGI

kelapa pandan wangi www.desapertanian.blogspot.com

Kelapa Pandanwangi menjadi salah satu alternatif buah kelapa muda yang menjadi idola lantara varietas kelapa Pandan Wangi memiliki aroma wangi seperti pandan. Keunggulan lainnya adalah rasa airnya manis tanpa diberikan tambahan gula, pohonnya genjah, daging buahnya renyah. Pohon kelapa Pandan Wangi belajar berbuah pada umur 2 tahun. Pohon kelapa Pandan Wangi memiliki tinggi pohon bisa mencapai 2-3 meter, Pohon Kelapa Pandan Wangi bukanlah varietas asli Indonesia melainkan berasal dari Thailand dan masuk ke Indonesia sejak tahun 1971 hingga kini telah dikembangkan dan dibudidayakan untuk menjadi primadona diambil buahnya. Ketersediaan kelapa Pandan Wangi di pasaran juga masih terbatas dan tidak semua daerah ada sehingga Peluang bisnis Kelapa Pandan Wangi masih terbuka lebar.

Peluang bisnis kelapa pandan wangi ditinjau dari berbagai aspek diantaranya:

Prospektif Pasar Kelapa Pandan Wangi

Konsumen dominan kelapa pandan wangi oleh kebanyakan dari restoran, hotel, dan resort karena dengan harga yang di atas kelapa biasa sehingga menjadi primadona kalangan kelas menengah. Karena stok yang terkadang tidak mencukupi biasanya suply untuk restoran, hotel, dan resort dari kelapa pandanwangi import namun memiliki kelemahan salah satu diantaranya adalah pandanwangi import umumnya telah mengalami proses pengawetan yang menyebabkan rasa buah tak sesegar buah lokal sehingga diprioritaskan Kelapa Pandan Wangi dari lokal. Buah kelapa pandanwangi dapat dijadikan olahan lain seperti diolah menjadi es krim di negara Thailand. Permintaan pasar kelapa Pandan Wangi dari konsumsi perorangan atau UMKM juga tidak dapat disepelekan seiring dengan meningkatnya tren wisatawan di hampir semua tempat di Indonesia sehingga membuka peluang bagi pedagang kecil untuk menyediakan minuman kelapa pandan wangi segar.

kelapa pandan wangi www.desapertanian.blogspot.com


Harga yang Selalu Menarik

Komoditas kelapa yang memiliki rasa manis dan aroma pandan ini memiliki nilai yang menarik apalagi ditunjang stok masih terbatas. Harga kelapa muda pandan wangi dari petani yaitu Rp. 15.000-20.000,-, tentunya lebih mahal 3 x lipat jika dibandingkan dengan harga kelapa muda varietas lain. Selain itu juga disebabkan harga bibit anakan kelapa pandan wangi yang lumayan yaitu Rp. 200.000,- per anakan tentunya sebesar 10 x lipat dari harga anakan kelapa jenis yang lain. Harga tersebut akan terus stabil bahkan mengalami kecenderungan untuk naik mengingat meski harganya tinggi, kualitas rasa air dan daging buahnya sangat disukai sehingga setimpal dengan harga yang dibanderol.

Produktivitas buah yang tinggi

Kelapa Pandan Wangi memiliki buah berwarna hijau dan diawali dengan bunga yang muncul banyak kuncup dan saling susul menyusul. Buahnya kecil berbentuk bulat berbiku tiga dengan kandungan air kelapa pandan sekitar 330 milli liter (ml). Kelapa Pandan Wangi mulai berproduksi setelah berumur 2 tahun. Produktivitas setiap pohon bisa menghasilkan 10 - 12 tandan dengan pada masing-masing tandan menghasilkan jumlah buah mencapai 8 - 12 buah. Jika sudah berproduksi maksimal atau umur fisiologis yang telah mencapai puncak produksi, setiap kelapa pandanwangi yang umur produktifnya mencapai 15 tahun itu, dapat dipanen setiap 20 - 25 hari sekali

kelapa pandan wangi www.desapertanian.blogspot.com


Demikian peluang bisnis Kelapa Pandan Wangi ditinjau dari berbagai aspek sehingga membuat kita tidak ragu lagi untuk terjun dalam bisnis tersebut. Dengan mengetahui aspek tersebut peluang bisnis Kelapa Pandan Wangi tampak realistis untuk dijalankan dan dirintis sekarang. Jika dipadukan dengan kegigihan serta keuletan bisnis semoga dapat membuahkan keberhasilan dalam bisnis ini. Semoga sukses.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment