4 CIRI-CIRI DOC AYAM KAMPUNG SUPER YANG BAIK, URUTAN KETIGA SERING DIABAIKAN OLEH ANAK KANDANG


Perkembangan bisnis ayam kampung super (Joper) menjadi sebuah peluang usaha yang terus selalu meningkat kebutuhan pasar. Pada sektor budidaya peneliharaan ayam kampung super, faktor bibit DOC (day old chick) menjadi sangat penting karena bibit berpengaruh terhadap keberhasilan untuk mencapai produktivitas peforma yang sesuai dengan standart. Bibit yang baik akan mampu mengoptimalkan asupan nutrisi dari pakan untuk dikonversi menjadi masa otot sehingga produktivitas dapat tercapai. Ciri-ciri doc ayam kampung super yang baik perlu diketahui oleh praktisi peternak baik pemilik kandang maupun anak kandang.

Pada sektor budidaya ayam kampung super, keberadaan bibit yang jelek saat DOC ayam kampung super awal datang sering membuat masalah yang tidak dapat diatasi sehingga bermuara kepada kerugian bagi peternak. Bahkan beberapa peternak tidak mau chik in dengan DOC ayam kampung super yang jelek, kami selaku praktisi juga menerapkan standar yang demikian. Bibit DOC ayam kampung super yang jelek akan mudah untuk terjangkit penyakit karena kekebalan tubuh yang kurang baik, efisiensi pakan yang buruk (boros pakan) yang tidak diiringi dengan pertambahan bobot badan harian yang tinggi, bahkan angka kematian yang tinggi di atas standar. Istilahnya peternak adalah “sama-sama memberikan pakan, tetapi jika tidak menghasilkan daging sesuai standar akan sia-sia bahkan dapat berujung kepada kerugian. Oleh karena itu faktor DOC ayam kampung super yang baik merupakan jaminan keberhasilan dari beternak ayam kampung super sehingga Ciri-ciri doc ayam kampung super yang baik harus diperhatikan, meskipun sesederhana apapun termasuk uraian 4 ciri-ciri doc ayam kampung super yang baik, urutan ketiga sering diabaikan oleh anak kandang menjadi catatan khusus untuk pemilik kandang agar mengecek tersendiri sehingga usaha beternak ayam kampung super dapat mencapai produktivitas yang baik.

Penjelasan lebih lanjut uraian 4 ciri-ciri doc ayam kampung super yang baik, urutan ketiga sering diabaikan oleh anak kandang adalah sebagai berikut:

TUBUH SEMPURNA DAN TIDAK ADA BAGIAN TUBUH YANG CACAT

Tubuh yang sempurna ditandai dengan tidak ada bagian tubuh yang cacat menandakan fungsi anggota tubuh dapat berjalan dengan baik misal pada bagian kepala, paruh, kaki, jari dan bagian tubuh lainnya. Pada bagian kaki yang lurus, kuat dan dapat berdiri dengan tegak, pada pusar kering tertutup bulu kapas yang cukup halus, Kaki tampak mengkilat dan tidak kering, dan mata bulat cerah. Jika ada DOC yang memiliki tubuh yang cacat seperti kaki pengkor, pusar tidak tertutup, kaki pincang dan anus basah, Kotoran tidak lengket di dubur sebaiknya dipisahkan. Apabila lebih dari 2 % sebaiknya ajukan klaim dengan mengembalikan DOC.


BULU HALUS, CERAH, TERANG DAN MENUTUPI SELURUH BAGIAN TUBUH

DOC ayam kampung super memiliki warna bulu yang bervariasi yaitu putih, kuning, coklat, abu-abu, hitam dan kombinasi dari perpaduan warna tersebut. Warna bulu tidak berpengaruh terhadap produktivitas yang penting memiliki warna bulu yang cerah dan terang menandakan bahwa DOC ayam kampung super sehat. Jangan sekali-kali menerima DOC ayam kampung super yang memiliki wara bulu kusam, tidak halus, dan kurang cerah karena dipastikan biasanya bibit tersebut kurang sehat.

KESERAGAMAN DOC DALAM 1 BOX

Keseragaman doc menjadi faktor yang penting dalam indikator doc ayam kampung super yang baik. caranya adalah dengan menimbang sampling 10 ekor per box sebanyak jumlah box yang dipesan. Mempunyai postur tubuh yang bagus dan seragam dalam awal pemeliharaan sangat penting, standar rata-rata bobot badan DOC ayam Kampung Super adalah minimal 36 gram/ekor. Sampling keseragaman bobot doc ini kadang yang sering terlupakan oleh anak kandang karena banyak pekerjaan saat chik in dan faktor lelah atau kecapekan, oleh karena itu sebaiknya persiapan chik in harus sudah beres 24 jam sebelum doc datang. Ketiidakseragaman DOC disebabkan oleh beberapa kemungkinan yaitu umur yang berbeda, kualitas induk yang berbeda, umur induk yang berbeda serta stres akibat perjalanan jauh. Postur tubuh yang berbeda mengakibatkan ayam kanibal, karena besaran yang tidak sama, yang kecil akan kalah dari persaingan (baik memperebutkan pakan atau aktivitas gerak sehingga akan berujung kepada cekaman stres.

GERAKAN DOC AKTIF DAN LINCAH

Anakan atau bibit DOC ayam jawa super yang sehatditandai dengan gerakannya yang lincah, gesit dan matanya bersinar. DOC ayam jawa super tersebut Jika kita pegang akan bereaksi (meronta-ronta). Selain itu, setelah DOC diturunkan dari box biasanya akan mempunyai nafsu makan yang bagus dengan ditandai aktif mencari pakan (mematukkan paruhnya) ke lantai atau tempat pakan.

Demikian penjelasan lebih lanjut uraian 4 ciri-ciri doc ayam kampung super yang baik, urutan ketiga sering diabaikan oleh anak kandang sehingga jika anda telah mengetahui dapat memiliki kesiapan yang lebih baik saat chik in DOC ayam kampung Super. Ingat, start DOC yang baik akan menentukan livebilitas (daya hidup) ayam kampung super yang kita pelihara. Selamat mencoba, semoga jadi peternak yang tangguh dan sukses.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment