FAKTA AYAM KAMPUNG SUPER YANG HARUS DIKETAHUI



Ayam Kampung Super dikenal sebagai ternak ayam yang mulai tahun 2000an populer. Pada berbagai tempat, Ayam Kampung Super memiliki nama sebutan lain di pasaran bergantung lokasinya diantaranya Ayam jowo super (disingkat Joper), ayam jowo alus, atau ayam Kampung Super disingkat AKS. Sepintas ada yang aneh maksud dari nama ayam kampung super itu sendiri. Ayam Kampung Super awalnya hanya sebagai pengganti ayam kampung kualitas KW. Faktanya seiring dengan perkembangan jaman Ayam Kampung Super memiliki pangsa pasar tersendiri di kalangan konsumen tanpa nebeng ketenaran ayam kampung asli.

Keberadaan Ayam Kampung Super memang menjadi salah satu solusi instan yang paling mendekati  dari permasalahan ketimpangan antara permintaan ayam kampung dengan stok yang tersedia di pasaran. Bisnis ayam Kampung Super mulai berkembang di Indonesia tepatnya awal tahun 2000an dan mulai ramai sekitar 5 tahun kemudian berkembang secara terus-menerus hingga sekarang. Pertumbuhannya yang relatif cepat serta kuliner berbahan dasar ayam yang semakin berkembang membuat pangsa pasar tumbuh dan permintaan meningkat setiap hari membuat sebagian peternak Indonesia memilih beternak ayam kampung super sebagai bisnis yang menguntungkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fakta Ayam Kampung Super yang harus diketahui sehingga dapat menjadi pengetahuan dalam mengembangkan bisnis khususnya di bidang perunggasan kami sajikan secara sederhana seperti berikut:

ASAL USUL

Ayam kampung super awalnya dimulai tahun 1990an dari percobaan yang sederhana yaitu dihasilkan dari perkawinan crosbread (kawin silang) betina ayam ras petelur (horn) dan jantan ayam kampung. Pada awalnya jenis yang digunakan hanyalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya namun seiring dengan minat peternak pembibit yang berkeinginan menciptakan ayam hasil kawin silang yang mendekati ciri-ciri maupun citra rasa daging ayam kampung asli maka pada betina menggunakan bangsa ayam ras petelur, ayam arab, ayam kedu, sentul yang pada intinya memiliki produktivitas telur yang tinggi sedangkan pada jantan menggunakan ayam lokal atau buras misalnya ayam kampung, ayam bangkok, ayam arab, ayam pelung dimana pada intinya diharapkan menularkan sifat daging yang liat sehingga hasil. Dari kawin silang tersebut peternak berharap mendapatkan ayam kampung super dengan kemampuan produktivitas DOC yang tinggi sehingga stok bibit mudah untuk diproduksi, pertumbuhan yang cepat yang menurun dari induknya yaitu ayam petelur ras, serta daging yang liat dan lezat seperti ayam buras.

CIRI-CIRI DAN SIFAT UNGGUL

Ciri-ciri Ayam Kampung Super yang harus diketahui sangat bermanfaat dalam menggeluti bisnis sektor ini. Ciri-ciri yang merupakan sifat keunggulan sehingga menjadi sebuah pilihan ketersediaan daging ayam dimana bergantung terhadap menu masakan. Ciri-ciri Ayam Kampung Super adalah seperti berikut:
  • Ukuran DOC lebih besar karena turunan dari ayam ras, bagian tubuhnya nampak padat berisi
  • Memiliki warna yang dominan yaitu putih dan coklat (seperti ayam ras petelur), dan beberapa muncul warna kuning, abu-abu dan hitam.
  • Ayam kampung super relatif lebih kuat dalam masa pemeliharaannya seperti ayam kampung, termasuk daya tahan atau kekebalan tubuh terhadap penyakit.
  • Tingkat kematian ayam kampung super relatif rendah bahkan hampir sama dengan ayam kampung biasa
  • Pertumbuhan Ayam Kampung Super cepat sehingga masa panen berkisar mulai 8 minggu atau 2 bulan dengan bobot rata-rata 800 gram
  • Warna kaki ayam kampung super rata-rata kuning menyala, putih meskipun terdapat yang berwarna hitam dan coklat.
  • Harga bibit DOC ayam kampung super relatif lebih murah dengan ketersediaan yang terjangkau karena bibit DOC yang mudah diproduksi
  • Memiliki kemampuan bertelur secara terus menerus seperti ayam ras, tetapi tidak memiliki sifat mengeram
  • Bau dan cita rasa daging enak dan liat hampir mirip dengan ayam kampung
  • Dari segi budidaya juga mudah dan tidak ribet


PROSPEK PASAR AYAM KAMPUNG SUPER
Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan ekonomi akan meningkatkan konsumsi termasuk kebutuhan protein hewani salah satunya yaitu daging ayam kampung super. Selain hal tersebut semakin variasi masakan menu olahan produk ayam berpengaruh terhadap permintaan daging ayam kampung super ini. Tidak dipungkiri beberapa menu masakan yang menggunakan daging ayam kampung super adalah masakan yang dulu menggunakan ayam kampung. Faktanya tetap saja lezat dan laris di pasaran.

Demikian artikel tentang ayam kampung super, semoga membuka peluang bisnis bagi pembaca dimana berada. Dalam bentuk karkas ayam kampung super dengan ayam kampung asli hampir mirip dan Terkadang susah untuk dibedakan sehingga tetaplah ingat bahwa Ayam Kampung Super berbeda dengan ayam kampung asli meskipun bentuk karkas hampir sama alangkah lebih baik jika jangan memanfaatkan dengan menipu konsumen. Ambilah peluang bisnis ini semoga sukses.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment